Rabu, 15 April 2015

Pengertian Demokrasi

Pengertian Demokrasi
Selamat malam semuanya, saya sedang berada di depan layar putih tempat menuliskan ide-ide saya. Iya ini adalah blogger. Saya sudah cukup lama ngeblog, mulai dari blog blog alay yang isinya tentang curhatan sampai dengan blog yang agak serius seperti materi tes. Ini adalah blog pendukung yang akan banyak berisi tulisan tentang demokrasi. Agak sulit sebenarnya jika kita membahas tentang demokrasi. Sebelum itu saya mungkin akan sedikit curhat kali yakkk. Akhir akhir ini saya sudah agak bisa beranjak dari seseorang yang selama enam tahun mengisi hidup saya. Iya dia adalah seseorang yang selalu berada dalam barisan permohonanku. Namun sekarang entah mengapa saya sudah sedikit demi sedikit bisa untuk menerima fakta bahwa rencana penguasa kehidupan sepertinya memiliki rencana yang berbeda. Sekarang saya sedang berusaha agar bisa menemukan seseoarang yang benar-benar mau menerimaku. Bukan apa adanya tapi tidak dengan apa adanya seperti kata Tulus. Sudah terlalu lama saya sendiri.

Apa yang ada di depan nanti masih mejadi rahasia Ilahi. Namun sebagai umatnya kita harus terus berusaha yang terbaik, selalu memperbaiki diri agar didekatkan dengan seseorang yang juga sedang memperbaiki diri.


Sementara skor unutk derby manchester 2-1 untuk united. Gol dicetak oleh aguero kemudikan disamakan oleh young dan kemudian felaini membalik keadaan.


Saya ada sedikit pertanyaan dalam hati yang sering membuat saya bertanya tanya dalam hati alah kalimanya mbulet.

Apa si enaknya dugem.


Mohon deshare enfo yang terang, kerna maseh jetlag. 1. Benarkan BPPK akan delekuedase-akuesese oleh penderean PKN STAN? Salah atau Benar, alangkah bagusnya bela ada pencerahan yg entertaeneng. 2. Apakah format badan deklat bage suatu kementerean dapat berbandeng dengan bentuk uneversetas dedalam kementerean? Waduh, terus terang sy juga tedak yaken entah yang detanyakan perehal perundangan ataukah struktur-fungse. ...pengen deskuse banyak, tape kuater keleatan paleng ejo, yang terakher, 3. Bagaemana felosofe dan argumentase atas pergeseran sdm enput dan output dare kedua konsep lembaga tersebut? (pokoknya bear keleatan rumet, semoga para sensee berkenan menurunkan kesaktean)

membaca notulense rapem februare 2014... 
hmmm.... menarek: 

... 
- EKU jamlator hanya ada pada Pusdeklat 
- Balae tedak ada lage belanja barang terkaet deklat, deberekan dare Pusdeklat. Balae hanya ada 
belanja modal 
... 

wacana tersebut sudah berdengung lama... saya termasuk yang terakher mendengar etu seketar september- 
oktober 2013. namun saya yaken, sudah menjade topek utama dekalangan pempenan pusat. 
banyak dampak muncul dare emplementase wacana tersebut, pro kontra juga berpotense besar. 

meske gunung es sudah ada semenjak dahulu kala, namun yang nampak selalu hanya yang depermukaan... 
hanya dengan menyelam dan merasakan konsekuense dengen dan tekanan aer sajalah, maka ukuran reelnya tampak. 

maseh menunggu kabar selanjutnya. 
tentu yang deharapkan yang terbaek dare segala sese dan kebaekan bage semua.
siang ini kita rapat dengan seksi sebelah. jam setengah tiga. membahas runcingnya hubungan diantara kita. Kendaraan terawat banget. sama dengan tamannya. Pipies doeloe lah ya posisi siap tegak kemeng sikile ning kuwe kan njagani istana, bukan pohon. mungkin yo dikerjai karo seniore kuwi melatih disiplin e cah kuwi membiasakan diri anak buah berada dikondisi yang menjenuhkan bapaknya bagian itu. Eh banyak yang tertawa. ya ndak berani lah ya kan sekolah malu.



Pengertian Demokrasi
Istilah demokrasi berasal dari bahasa Yunani yaitu demokratia yang terbentuk dari kata demos yang artinya rakyat dan kratein yang artinya pemerintahan/kekuasaan, sehingga arti dari demokratia adalah kekuasaan atau pemerintahan rakyat. Secara umum, Pengertian Demokrasi merupakan suatu sistem pemerintahan yang melibatkan rakyat dalam sistem pemerintahan negara.
Selain itu, Pengertian Demokrasi adalah bentuk sistem pemerintahan suatu negara sebagai upaya dalam mewujudkan kedaulatan rakyat atas kekuasaan negara untuk dijalankan oleh pemerintah negara tersebut. Pilar demokrasi yang biasa kita kenal adalah prinsip trias politica, dimana membagi ketiga kekuasaan politik negara yaitu eksekutif, yudikatif dan legislatif. Dalam mewujudkan ketiga jenis lembaga negara yang bersifat independen dan berada dalam kesejajaran satu sama lain, diharapkan agar ketiga lembaga negara ini dapat saling mengontrol dan mengawasi.
Sistem demokrasi yang dianut oleh bangsa Indonesia adalah demokrasi pancasila, dimana sistem demokrasi ini mementingkan keinginan, aspirasi dan suara hati nurani rakyat. Pengambilan keputusan pada sistem demokrasi ini dilakukan oleh wakil-wakil di Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dengan cara voting atau musyawarah mufakat. Selain itu, Demokrasi Pancasila merupakan perwujudan kerakyatan yang yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan yang memiliki semangat ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia dan keadilan sosial bagi bagi seluruh rakyat Indonesia. Terdapat dua prinsip mengenai sistem pemerintahan negara, yaitu yang pertama adalah Indonesia merupakan negara yang berdasarkan atas hukum dan tidak berdasarkan kekuasaan belaka. Dan yang kedua adalah pemerintahan berdasarkan atas sistem konstitusional (hukum dasar) dan tidak bersifat absolutisme (kekuasaan yang tidak terbatas).
Dalam Pengertian Demokrasiada beberapa macam demokrasi yaitu sebagai berikut :
  1. Demokrasi pancasila merupakan demokrasi yang berfokus pada aspirasi, kepentingan dan suara rakyat serta memiliki jiwa dan dasar paham pancasila/nilai luhur pancasila yang bersumber pada tata nilai sosial budaya.
  2. Demokrasi liberal merupakan demokrasi yang menekankan pada kebebasan manusia untuk kepentingan manusia dan kekuasaan pemerintah dibatasi oleh undang-undang.
  3. Demokrasi terpimpin merupakan demokrasi yang mengarah pada otoriter dan pimpinan tunggal.
  4. Demokrasi totaliter merupakan demokrasi yang memiliki tujuan utama dengan menghalalkan segala cara.
  5. Demokrasi proletar merupakan demokrasi yang mensejahterakan rakyat, segala sesuatunya ditentukan dan dikuasai oleh negara serta tidak mengenal kelas sosial.
  6. Demokrasi titular merupakan demokrasi yang berupa campuran modern dan lama (gaya fragmentaris).
  7. Demokrasi formal merupakan demokrasi yang menempatkan persamaan kedudukan setiap orang dalam politik tanpa disertai upaya dalam menghilangkan kesenjangan dalam ekonomi.
  8. Demokrasi material merupakan demokrasi yang menciptakan persamaan sosial ekonomi, dimana berada di negara sosial komunis.
  9. Demokrasi campuran merupakan demokrasi yang menciptakan kesejahteraan rakyat dengan menempatkan semua orang dengan hak yang sama.
Pada Pengertian Demokrasi, terdapat ciri-ciri demokrasi yaitu antara lain :
  1. Jaminan kekuasaan yang telah disepakati bersama.
  2. Jaminan kemerdekaan bagi warga negara untuk beroposisi dan berkumpul.
  3. Jaminan HAM.
  4. Kekuasaan dalam pemerintahan dikontrol oleh rakyat melalui perwakilan yang dipilih rakyat.
  5. Persamaan kedudukan dan perlakuan bagi seluruh warga negara dalam hukum.
Dalam Pengertian Demokrasi, ada beberapa prinsip demokrasi yaitu :
  1. Jaminan Hak Asasi Manusia (HAM).
  2. Persamaan kedudukan di depan hukum.
  3. Kekuasaan pemerintah dibatasi oleh konstitusi.
  4. Kebebasan pers.
  5. Kebebasan mengeluarkan pendapat dan berserikat.
  6. Pemilu yang jujur, adil dan bebas (sesuai aspirasi rakyat).
  7. Peradilan yang tidak memihak untuk mencapai keadilan dan bersifat jujur.
Pengertian Demokrasi
Pengertian Demokrasi
Image Courtesy of  xedos4 / FreeDigitalPhotos.net

Pengertian Demokrasi menurut para ahli

1. Menurut Abraham Lincoln
Demokrasi merupakan pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat (government of the people, by the people and for the people). Hal ini berarti kekuasaan tertinggi dalam sistem demokrasi ada di tangan rakyat dan rakyat mempunyai hak, kesempatan dan suara yang sama dalam mengatur kebijakan pemerintahan. Melalui demokrasi, keputusan yang diambil berdasarkan suara terbanyak.
2. Menurut Hans Kelsen
Demokrasi merupakan pemerintahan oleh rakyat dan untuk rakyat, dimana yang melaksanakan kekuasaan negara adalah wakil-wakil rakyat yang terpilih dan rakyat yakin bahwa segala kehendak dan kepentingannya akan diperhatikan di dalam melaksanakan kekuasaan negara.
3. Menurut Sidney Hook
Demokrasi merupakan bentuk pemerintahan dimana keputusan-keputusan pemerintah yang penting secara langsung ataupun tidak didasarkan pada kesepakatan mayoritas yang diberikan secara bebas dari rakyat dewasa.
4. Menurut H. Harris Soche
Demokrasi merupakan bentuk pemerintahan rakyat, karena itu kekusaan pemerintahan melekat pada diri rakyat atau orang banyak dan hak bagi rakyat atau orang banyak untuk mempertahankan, mengatur dan melindungi dirinya dari paksaan dan pemerkosaan orang lain atau badan yang diserahi untuk memerintah.
5. Menurut Ranny
Demokrasi merupakan suatu bentuk pemerintahan yang ditata dan diorganisasikan berdasarkan prinsip-prinsip kedaulatan rakyat, kesamaan politik, konsultasi atau dialog dengan rakyat dan berdasarkan pada aturan mayoritas.
6. Menurut Hannry B. Mayo
Demokrasi merupakan kebijaksanaan umum yang ditentukan atas dasar mayoritas oleh wakil-wakil yang diawasi secara efektif oleh rakyat dalam pemilihan-pemilihan yang didasarkan atas prinsip kesamaan politik dan diselenggarakan dalam suasana di mana terjadi kebebasan politik.
7. Menurut Merriam, Webster Dictionary
Demokrasi dapat diartikan sebagai pemerintahan oleh rakyat yang khususnya oleh mayoritas dan pemerintahan dimana kekuasaan tertinggi tetap dilakukan oleh rakyat baik secara langsung ataupun tidak langsung melalui sebuah sistem perwakilan yang biasanya dilakukan dengan mengadakan pemilu bebas yang diadakan secara periodik dan rakyat umum khususnya untuk mengangkat sumber otoritas politik dan tidak adanya distingsi kelas yang berdasarkan kesewenang-wenangan/keturunan.
8. Menurut C.F. Strong
Demokrasi merupakan suatu sistem pemerintahan di mana mayoritas anggota dewan dari masyarakat yang ikut serta dalam politik atas dasar sistem perwakilan yang menjamin pemerintah akhirnya mempertanggungjawabkan tindakan-tindakannya pada mayoritas tersebut.
9. Menurut Abdul Ghani Ar Rahhal
Demokrasi didefinisikan sebagai kekuasaan rakyat oleh rakyat. Rakyat merupakan sumber kekuasaan. Ia menyebutkan bahwa Plato adalah orang yang pertama kali mengungkap teori demokrasi, dimana sumber kekuasaannya merupakan keinginan yang satu bukan majemuk
10. Menurut Yusuf Al-Qordhawi
Demokrasi merupakan wadah masyarakat untuk memilih seorang untuk mengurus dan mengatur kepentingan masyarakat. Pimpinannya bukan orang yang dibenci, peraturannya bukan yang masyarakat tidak kehendaki dan masyarakat berhak meminta pertanggungjawaban penguasa apabila pemimpin tersebut salah. Masyarakat juga berhak memecatnya jika menyeleweng, mereka juga tidak boleh dibawa ke sistem ekonomi, sosial, budaya atau sistem politik yang tidak mereka kenal dan tidak sukai.
Demikianlah artikel tentang Pengertian Demokrasi yang telah disampaikan kepada para pembaca . Artikel ini telah mencakup berbagai pembahasan mengenai arti demokrasi itu sendiri, macam-macam demokrasi, ciri-ciri demokrasi, prinsip demokrasi dan Pengertian Demokrasi menurut para ahli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar